Pages

Wednesday, February 9, 2011

Top 10 Great Director

Seorang sutradara memegang peranan penting dalam sebuah produksi film. Melalui profesionalisme dan ide-ide kreatifnya, ia benar-benar dituntut untuk mengarahkan sebuah film agar hasilnya bisa laris dipasaran, disamping memberikan kesan yang mendalam bagi audience, sehingga mahakarya-nya tak akan dilupakan.
Dibawah ini akan saya berikan daftar 10 sutradara yang dianggap terbaik oleh para kritikus dan filmmakers.

1. SIR ALFRED HITCHCOCK
Tahun aktif: 1921-1976
Ia dikenal dengan film-film thriller, beberapa filmnya yang terkenal diantaranya Psycho, Vertigo, North by Northwest, Rear Window, Notorious, Strangers on a Train, Rebecca, The 39 Steps, The Birds, Shadow of a Doubt. Jumlah film yang ia garap lebih dari 50  judul selama 6 dekade, Inovasi dan visinya dalam berkarya telah mempengaruhi para filmmaker, produser bahkan aktor sehingga ia diakui sebagai sutradara terbaik dan terpopuler sepanjang zaman.
Sebelumnya ia memulai debut sutradara di Inggris, pada 1939 ia pindah ke Amerika Serikat. Ia meninggal pada 29 April 1980 pada usia 80 tahun di Los Angeles.

2. JOHN MARTIN FEENEY dikenal dengan nama JOHN FORD
Tahun aktif: 1917 - 1966
Sutradara yang pernah aktif di dunia militer ini dikenal dengan film-film western-nya. Ia mencetak rekor dengan meraih 4 piala Oscar sebagai sutradara terbaik. Film-filmnya yang terkenal antara lain The Searchers, The Grapes of Wrath, Stagecoach, My Darling Clementine, The Quite Man, How Green Was My Valley, The Man Who Shot Liberty Valance, The Informer, dll. Selama 50 tahun lebih berkarir, ia menyutradarai lebih dari 140 film. Secara khusus, ia merupakan pelopor dalam teknik pengambilan gambar long shot, ia juga pelopor dalam pemilihan lokasi syuting di medan yang keras dan kasar.
John Ford meninggal pada 31 Agustus 1973 di Palm Desert, California.

3. STEVEN SPIELBERG
Tahun aktif: 1963 - sekarang
Sutadara keturunan Yahudi ini merupakan salah satu sutradara yang paling berpengaruh, ia dikenal dengan film sci-fi dan adventure-nya yang menjadi awal perubahan karakter film Hollywood. Namun ia juga dikenal dengan film-film tentang Holocaust (Pembantaian umat Yahudi), peperangan juga terorisme. Beberapa filmnya yang dikenal adalah E.T. The Extra-Terrestrial, Schindler's List, Saving Private Ryan, Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark, Jaws, Close Encounters of the Third Kind, The Color Purple, Poltergeist, Empire of the Sun, Jurassic Park, The Sugarland Express, Munich, dll.
Steven Spielberg juga merupakan salah satu pendiri studio film DreamWorks yang memproduksi film-film terkenal seperti Transformers, dll.

4. GEORGE CUKOR
Tahun aktif: 1930 - 1981
George Cukor lahir pada 7 Juli 1899, ia merupakan sutradara yang lebih berkonsentrasi pada film komedi dan adaptasi sastra. Karirnya semakin berkembang di RKO dan kemudian di MGM. Filmnya yang terkenal antara lain The Wizard of Oz (Disutradarai juga oleh Victor Fleming, King Vidor dan Mervyn LeRoy), My Fair Lady, The Philadelphia Story, A Star Is Born, Camille, David Copperfield, Romeo and Juliet, dll. Ia juga pernah menyutradarai film terkenal yaitu Gone With The Wind namun ia dipecat pada masa-masa awal produksi dan posisinya digantikan oleh Victor Fleming.

5. INGMAR BERGMAN
Tahun aktif: 1944 - 2005
Sutradara berkebangsaan Swedia ini menyutradarai lebih dari 60 film selama lebih dari 6 dekade aktif di dunia perfilman. Filmnya yang terkenal diantaranya Persona, Fanny & Alexander, Smile of a Summer Night, The Seventh Seal, Shame, Through a Glass Darky, Wild Strawberry, Cries and Whispers, dll. Pada tahun 1976 karirnya terancam habis, karena tuduhan penggelapan pajak. Ia marah dan mengasingkan diri di Jerman selama 8 tahun, hingga menyebabkan beberapa produksi film tertunda dan menutup studionya.

6. MARTIN SCORSESE
Tahun aktif: 1963 - sekarang
Sutradara berkebangsaan Amerika Serikat ini sering diidentikan dengan film-film bertema budaya Italia-Amerika, konsep Katolik Roma, kejantanan dan kekerasan. Filmnya yang terkenal antara lain Raging Bull, GoodFellas, Taxi Driver, Mean Streets, The King of Comedy, Gangs of New York, The Departed, Shutter Island, dll. Ia juga merupakan pendiri World Cinema Foundation.

7. LUIS BUNUEL
Tahun aktif: 1929 - 1977
Ia merupakan seorang filmmaker berkebangsaan Spanyol dan Meksiko, namun ia juga berkarir di Perancis, Spanyol, Meksiko, dan Amerika Serikat. Ia dianggap sebagai salah satu sutradara yang paling berpengaruh dalam sejarah perfilman. Filmnya yang terkenal antara lain The Discreet Charm of the Bourgeoisie, Belle de Jour, Viridiana, L'Age d'Or, Tristana, Un Chien Andalou, Los Olvidados, The Obscure Object of Desire, dll.

8. BILLY WILDER
Tahun aktif: 1929 - 1955
Ia merupakan seorang filmmaker berkebangsaan Austria, berkarir lebih dari 50 tahun dan menyutradarai lebih dari 60 film. Pada saat kemunculan Adolf HItler, Billy Wilder yang merupakan seorang Yahudi hijrah ke Paris, dan memulai debut filmnya disana. Dan pada 1933 ia pindah ke Hollywood. Ia dianggap sebagai filmmaker yang cemerlang dan serbaguna pada zaman keemasan Hollywood. Beberapa filmnya yang terkenal antara lain Some Like It Hot, Sunset Boulevard, Double Indemnity, The Apartment, The Lost Weekend, Ace In The Hole, dll.

9. HOWARD HAWKS
Tahun aktif: 1923 - 1970
Howard Hawks merupakan seorang filmmaker yang populer, pada 1975 ia mendapat anugerah kehormatan Academy Award sebagai "master American filmmaker whose creative efforts hold a distinguished place in world cinema". Ia pun dikenal dengan film-filmnya yang berbeda genre diantaranya Bringing Up Baby, His Girl Friday, Red River, The Big Sleep, Scarface, Rio Bravo, To Have And Have Not, Sergeant York, dll.

10. AKIRA KUROSAWA
Tahun aktif: 1936 - 1993
Sutradara kelahiran Jepang ini merupakan salah satu sutradara paling penting dan berpengaruh dalam sejarah layar lebar. Ia mengawali karir di dunia perfilman pada 1936 sebagai painter, kemudian ia menjadi seorang asisten sutradara dan penulis naskah. Dan pada 1943 ia memulai debut sebagai sutradara. Film-filmnya yang terkenal diantaranya Seven Samurai, Rashomon, Ikiru, Ran, Throne of Blood, Yojimbo, Drunken Angel, dll.

Itulah 10 daftar teratas sutradara terbaik menurut para kritikus film. Semoga bermanfaat.
Sumber: Wikipedia & Film101.

3 comments: